الجمعة، 7 ديسمبر 2012

حفلة تخريج الدفعات (30/31/32/33هـ) من طلاب معهد العلوم الإسلامية والعربية في إندونيسيا

Hidayatullah.com - LIPIA Adakan Wisuda dan Buka Program Diploma Ekonomi Islam


Kamis, 06 Desember 2012 
Hidayatullah.com—Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta akan mewisuda lebih dari enam ratus mahasiswa program strata satu bidang syariah. Acara diadakan Kamis (06/12/2012) (hari ini) dan akan dihadiri Menteri Agama RI Suryadharma Ali dan Rektor Universtitas Imam Muhammad bin Su’ud Prof. Sulaiman bin Abdullah Abal Khail.

Direktur LIPIA Dr. Khaled bin Muhammad al-Daham mengatakan, acara wisuda adalah ungkapan perhatian lembanganya terhadap para mahasiswa dan mahasiswi yang belajar di LIPIA. “Kami siap mengadakan pesta untuk para alumni, baik mahasiswa maupun mahasiswi bagi kehidupan keilmuan mereka,” kata Khaled dalam rilis yang dibagikan kepada pers dalam acara jumpa rektor Universitas Imam, (04/12/2012) lalu.

Khaled juga mengingatkan, para wisudawan wajib mengamalkan ilmunya dan menerjemahkan risalah Islam dalam berdakwah kepada Allah dengan moderat.
“Saya berharap mereka mendapatkan taufik dalam masa depan mereka, dan selalu dekat dengan lembaganya,” kata Khaled.

Dalam acara temu rektor Universitas Imam di kampus LIPIA, rektor Universitas Imam, Prof. Sulaiman juga meresmikan sebuah program studi baru di LIPIA, yakni program Diploma (D3) jurusan Manajemen dan Keuangan Islam.

LIPIA adalah salah satu cabang Universitas Imam Muhammad bin Su’ud, Riyadh-Arab Saudi. LIPIA didirikan pada tahun 1400 H.*
Rep: Surya Fachrizal Ginting
Red: Cholis Akbar

هناك تعليقان (2):

  1. Kamis, 06 Dec 2012
    Cetak | Kirim

    LIPIA Jakarta Wisuda Ratusan Sarjana Fakultas Syari'ah

    JAKARTA (voa-islam.com) - Lembaga Ilmu Pengtahuan Islam dan Arab (LIPIA) mengadakan Acara Wisuda S1 Jurusan Syari'ah Angkatan 30-31-32-33, pada Kamis Siang, 6 Desember 2012.

    Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Saudi Arabia, ustadz Dr. Sulaiman Ibnu Abdillah Abal Khail pada pukul 10.30 WIB di Aula Utama Gedung Balai Sudirman, Jaksel.

    Dalam sambutannya, Dr. Sulaiman mengatakan, "di usia LIPIA yang ke-26 tahun ini, kami sangat bersyukur atas konsistensi LIPIA Jakarta sebagai kampus cabang Saudi Arabia yang terus berkembang pesat, baik dari kualitas dan kuantitasnya,” ujarnya.

    Beliau berharap semoga LIPIA Jakarta bisa menjadi pusat pengajaran bahasa Arab dan Ilmu syari'ah Islam yang terbaik di Jakarta dan khususnya di Indonesia.

    Tak lupa beliau berwasiat kepad para mahasiswa dan alumni agar menjadi teladan, agen perubah umat, pengajar yang baik untuk umat Islam Indonesia. Khususnya dalam mengajarkan umat akan urgensi Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pedoman hidup. Sebagaimana hadits Nabi SAW, “telah aku tinggalkan untukmu 2 perkara. Engkau tidak akan sesat selama berpegang teguh pada keduanya Al-Qur'an dan Al-hadits.”

    Di akhir sambutannya, beliau mengingatkan para alumni dan mahasiswa untuk senantiasa bertakwa pada Allah dengan ilmunya agar menjadi berkah untuk seluruh alam, karena ilmu itu akan dipertanyakan di akhirat kelak, dimana saat itu harta dan keluarga tak ada manfaat sedikit pun.

    Acara ini juga dihadiri oleh Dubes Saudi Arabia, Mustafa bin Ibrahim Mubaarak dan Dr. Khalid bin Muhammad Ad-Daham sebagai Direktur LIPIA Jakarta. Turut pula hadir Bapak Wakil Mentri Agama Indonesia, Prof Nazaruddin Umar. Juga Prof. Quraisy Shihab, serta para dosen dan beberapa undangan dan ribuan mahasiswa LIPIA Jakarta.

    Alhamdulillah, patut disyukuri, sejak dibukanya kampus LIPIA di Jakarta tahun 1986 M, telah banyak mencetak alumni yang berhasil berkiprah dalam mewarnai masyarakat Islam Indonesia.

    Diantaranya ustadz Ahmad Heryawan, Lc, yang kini menjabat sebagai Gubernur Jabar, juga ustadz Anis Matta Lc, Sekjen partai PKS, Ustadz Syamlan yang sekarang menjadi Wagub Jambi dan beberapa asatidz yang telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan umat Islam, diantaranya ustadz Dr. Mushlih Abdul Karim yang kini selain sebagai dosen LIPIA beliau membina santri-santri penghafal Al-Qur'an di Baitul Qur'an Depok dan lain-lain. [Utsman Bazz]
    Sumber:
    http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2012/12/06/22217/lipia-jakarta-wisuda-ratusan-sarjana-fakultas-syariah/?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

    ردحذف
  2. TAHUN INI LIPIA LAKUKAN WISUDA EMPAT ANGKATAN

    JAKARTA (gemaislam) - Sudah lebih dari tiga puluh tahun LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab di Indonesia) turut berkiprah dalam dunia pendidikan ditanah air. Dalam tempo waktu tersebut, perguruan tinggi yang menginduk pada AL Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University di Riyadh Arab Saudi ini telah melahirkan banyak alumni yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, bahkan negara-negara Asean seperti Filipina, Singapura, Malaysia dan Thailand.

    Dalam acara wisuda, perguruan tinggi ini tidak seperti keumuman di Indonesia, karena memang menginduk kepada universitas di Timur Tengah, acara wisuda digelar empat tahun sekali. Dan bukan hanya mahasiswa yang telah lulus, tetapi yang masih duduk aktif di bangku kuliah, seperti semester tujuh dan delapan pun ikut pula di wisuda.

    “Saya masih semester tujuh, Insya Allah ikut wisuda, tadi baru diumumkan,” kata Erwin Priyatno, mahasiswa Fakultas Syari’ah LIPIA semester tujuh sambil memperlihatkan baju seragam wisuda dan Toganya dengan riang, Rabu (5/12).

    Meskipun acara wisuda beberapa angkatan dilakukan bersama-sama, tetapi kemungkinan ada diantara mereka yang tidak bisa hadir karena terkendala kesibukan dan tempat tinggal yang jauh.

    “Kawan saya kemungkinan ada yang tidak datang, karena berada di luar Jawa, saya saja ini baru datang dari Solo pagi tadi,” kata Alumni Fakultas Syari’ah LIPIA tahun 2012, Muhammad Rizal Syahidin, Lc.

    Mereka yang akan diwisuda tahun ini adalah angkatan ke 30, 31, 32 dan 33, diperkirakan yang hadir ada empat ratus orang. Acara akan diadakan besok, Kamis (6/12) mulai pukul 10.00 WIB di gedung Balai Sudirman, Jl DR. Saharjo 268 Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan.

    Acara tersebut akan dihadiri oleh menteri agama RI, Drs. Suryadharma Ali, M.Si dan juga rektor Universitas Imam Muhammad Ibn Saud KSA, Prof. Dr. Sulaiman bin Abdullah Abal Khail. (bms)

    ردحذف